Dalam rangka promosi investasi bidang Agro-Industri di Distrik Bomberay, Bupati Fakfak, Drs. Muhammad Uswanas, M.Si didampingi Ketua BAPPEDA & LITBANK Kabupaten Fakfak,  Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP, Staf Khusus Kerjasama Luar Negeri, Yoel Rohrohmana dan Staf DPRD Fakfak, Bahar Lahadalia telah melakukan kunjungan ke Doha, Qatar pada bulan Agustus 2017.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjajagi kerjasama bidang investasi Fakfak  Integrated Livestock  and Agro-Foods Industry. Pertemuan dilakukan juga bersama Duta Besar RI di Doha, Qatar dan Duta Besar Qatar di Jakarta.

Proposal rencana investasi Fakfak Livestock and Agro-Foods Industries telah disampaikan baik melalui Duta Besar RI di Doha mapun melalui Duta Besar Qatar di Jakarta. Menurut informasi yang kami terima baik dari KBRI Doha, maupun Kedubes Qatar di Jakarta, proposal sedang dipelajari oleh Badan Investasi Qatar (Qatar Investment Board/).

Situasi geopolitik di Timur Tengah, utamanya aksi boikut ekonomi dari negara tetangga, Saudi Arabia dan mitra-mitranya, ditambah pandemik Covid 19, telah mengakibatkan suplei kebutuhan hasil pertanian nasional terganggu dan Qatar telah  meningkatkan investasi dan perdagangan dengan negara-negara di kawasan Asia Selatan dan Asean untuk suplei komoditas pertanian dan perikanan. QIB mengalokasikan modal investasi USD 280 Milyar siap lakukan Outflows Investment – Flying Guese Squirrel (Model Investasi Tupai Terbang).

Penjajakan kerjasama ini sedang ditindaklanjuti melalui program investasi JORTIP yang dipimpin Yoel Rohrohmana (lihat menu JORTIP di web ini).

Language »