Sarana dan Prasarana

  • Kesehatan

Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau. Pemerinta Kabupaten Fakfak senantiasa memperhatikan dan berupaya meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Fasilitas kesehatan di Kabupaten Fakfak adalah satu (1) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) type C pada areal seluas 2,4 Ha yang berfungsi dalam peningkatan pelayanan kesehatan rujukan, Puskesmas rawat jalan sebanyak 6 Unit, Puskesmas rawat inap sebanyak 4 unit, Pustu (Puskesmas Pembantu) sebanyak 36 unit, Polindes sebanyak 48 unit, dan di bantu dengan satu unit balai pengobatan swasta, serta 150 Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Jumlah tenaga kesehatan yang tersedia adalah 4 dokter spesialis, 21 dokter umum, 4 dokter gigi, 349 perawat, 4 perawat bedah, 2 perawat anatesi, 6 perawat gigi, 109 bidan (tenaga medis); 19 ahli farmasi, 20 ahli gizi, 13 teknisi medis, 21 tenaga sanitasi dan 45 tenaga kesehatan masyarakat, 77 tenaga non-medis dab terdapat 14 unit apotik serta 1 optik.

Infrastruktur

  • Sarana Transportasi

Penyediaan sarana dan prasarana mengalami perkembangan yang sangat pesat dan terus dikembangkan guna mendongkrak perekonomian daerah dan mendukung investasi. Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak sangat serius dalam melengkapi, memperbaiki serta membuka jalur transportasi darat baru yang menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain, terutama infrastruktur jalan dan jembatan sebagai salah satu prasarana viral transportasi.

Untuk sarana transportasi darat menurut jenisnya, terdapat 597 unit transportasi umum yang terdiri dari 413 unit angkutan dalam kota dan 184 unit angkutan pedesaan.

Akses laut menuju Kabupaten Fakfak dapat dilakukan melalui Makassar, Ambon, Manado, dan Bau-bau serta Seram Bagian Timur. Telah tersedia sarana transportasi laut yaitu kapal penumpang baik penumpang besar PT PELNI, kapal perintis, kapal feri ASDP, maupun kapal penumpang swasta dengan frekuensi pelayaran yang memadai

  • Jalan Raya

Panjang jalan di Kabupaten Fakfak adalah 488.697 km dengan perincian : jalan beton sepanjang 1.400 km, jalan aspal 176,70km, dan jalan tanah sepanjang 310.60 km. Terdapat 12 buah jembatan dengan panjang mencapai 786,80 meter.

  • Bandar Udara

Disamping transportasi laut dan darat, Kabupaten Fakfak juga memiliki Bandar Udara Torea yang di pakai sebagai pintu masuk lewat udara ke Kabupaten Fakfak. Status Bandara Torea masih sebagai Bandara Perintis sehingga hanya bisa melayani pesawat berukuran kecil, dengan rute 3 (tiga) kali seminggu tersedia dari jasa penerbangan WINGS AIR, dan NAM AIR, waktu tenouh 1 jam dengan pesawar terbang dan semalam (28 jam) dengan menggunakan kapal laut.

  • Pelabuhan

Kabupaten Fakfak mempunyai prasarana dermaga laut yaitu 1 dermaga besar yang terletak di kota Fakfak dengan panjang dermaga mencapai 120 meter dan lebar 12 meter dan lebar 12 meter serta didukung fasilitas pergudangan. Terdapat pula 3 dermaga kecil di Distrik Karas, Distrik Kokas, di Distrik Pariwari. Kunjungan kapal di pelabuhan Kabupaten Fakfak tercatat 543 kali (domestik) dengan jumlah 30.005 penumpang naik dan 38.470 penumpang turun. Pelabuhan Fakfak digunakan sebagai pelabuhan ekspor impor di Kabupaten Fakfak saat ini. Untuk sarana angkutan penumpang maupun barang, tersedia KM. Nggapulu, KM Tidar, KM Sangiang, KM. Tatamailau, KM. Kelimutu, Kapal Perintis dan tersedia pula armada angkutan barang tol laut.

Sementara sarana transportasi laut lokal yang menghubungkan antar distrik umumnya digunakan motor rakyat yang terbuat dari kayu (long boat) dan speed Boat.

  • Telekomunikasi

Kabupaten ini memiliki 1 kantor pos yang melayani jasa pengiriman surat, barang, dan pengiriman uang. Jaringan telekomunikasi melalui telepon seluler di Kabupaten Fakfak telah menjangkau hampir ke seluruh distrik. beberapa perusahaan telekomunikasi dan operator telepon seluler yang beroperasi di Kabupaten Fakfak antara lain Telkom, Indosat, Telkomsel dan Excelindo telepon seluler. Namun untuk Distrik karas, dan Distrik Fakfak Timur tengah hanya memiliki jaringan Indosat yang mampu dijangkau sementara untuk Distrik Arguni Distrik Mbahmdandara, Kayauni,Kokas, Teluk Patipi, Furuwagi, Kramongmongga jaringan telekomunikasi belum terjangkau. Selain itu, di Kabupaten Fakfak juga sudah memiliki jaringan internet melalui V-Satelit dan penyediaan layanan Indi-home.

Language ยป